Mengajarkan Pemahaman Konsep Gerak Parabola Berbantuan Alat Peraga
Sulhadi, dkk (2018) Mengajarkan Pemahaman Konsep Gerak Parabola Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9 (2). pp. 119-124. ISSN 2086-2407
PDF
Download (1MB) |
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui dampak penggunaan alat peraga gerak parabola terhadap pemahaman konsep gerak parabola, penelitian dilakukan secara kuasi eksperiment pada kelas XI, di hasilkan kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI pada pokok bahasan gerak parabola. Hal ini didukung oleh peningkatan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen yang ditinjau dari akumulasi nilai seluruh kelas dan dari tiap indikator pemahaman konsep. Ditinjau dari ketujuh indikator pemahaman konsep, pada kelas eksperimen terdapat lima indikator yang mengalami peningkatan dalam kategori tinggi, yakni indikator menginterpretasi, mencontohkan, mengklasifikasi, menduga dan menjelaskan. Peningkatan pemahaman konsep ini sangat besar kemungkinanya karena dipengaruhi penggunaan alat peraga sederhana sebagai media pembelajaran pada kelas eksperimen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, konsep gerak parabola. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 07:08 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 07:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53647 |
Actions (login required)
View Item |