UMBANGAN KECEPATAN DAN KELENTUKAN TERHADAP KELINCAHAN TENDANGAN “T” PENCAK SILAT KATEGORI TANDING DI PSHT RANTING GODONG CABANG GROBOGAN TAHUN 2021


Ahmad Shofi Rizqi, 6301417112 (2021) UMBANGAN KECEPATAN DAN KELENTUKAN TERHADAP KELINCAHAN TENDANGAN “T” PENCAK SILAT KATEGORI TANDING DI PSHT RANTING GODONG CABANG GROBOGAN TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301417112 - Ahmad Shofi Rizqi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pesilat putra PSHT Ranting Godong Cabang Grobogan memiliki kecepatan, kelentukan dan kelincahan tendangan yang berbeda-beda sehingga setiap pesilat memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada sumbangan kecepatan dan kelentukan terhadap kelincahan tendangan “T” pada atlet Pencak Silat putra PSHT Ranting Godong Cabang Grobogan tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pesilat putra PSHT Ranting Godong Cabang Grobogan usia 17-25 tahun sebanyak 13 orang. Seluruh sampel dilakukan dengan pemberian tes dan pengukuran melalui unsur kebugaran jasmani. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi variabel kecepatan (X1) terhadap kelincahan tendangan (Y) sebesar 0,02, dimana angka tersebut kurang dari 0,05. Nilai signifikansi variabel kelentukan (X2) terhadap kelincahan tendangan (Y) sebesar 0,01, dimana angka tersebut kurang dari 0,05 Nilai signifikansi variabel kecepatan dan kelentukan secara simultan terhadap kelincahan tendangan sebesar 0,01, dimana angka tersebut kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga diterima yaitu ada sumbangan antara kecepatan dan kelentukan dengan kelincahan tendangan “T” pada atlet Pencak Silat PSHT Ranting Godong Cabang Grobogan. Simpulan penelitian ini adalah ada sumbangan kecepatan dan kelentukan terhadap kelincahan tendangan “T” Pencak Silat. Saran dalam penelitian ini adalah bagi atlet Pencak Silat dan pelatih PSHT Ranting Godong Cabang Grobogan hendaknya memperhatikan kecepatan, kelentukan, dan kelincahan tendangan karena mempengaruhi keterampilan olahraga Pencak Silat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pencak Silat, kecepatan, kelentukan dan kelincahan tendangan “T”
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:40
Last Modified: 29 Nov 2022 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53639

Actions (login required)

View Item View Item