EFEK LATIHAN IMAGERY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN KETEPATAN SMASH BOLA VOLI (Eksperimen Terhadap Klub Bola Voli Putri Mitra Mutiara Kota Pekalongan)


Najla Ainun Hapsari, 6301417080 (2021) EFEK LATIHAN IMAGERY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN KETEPATAN SMASH BOLA VOLI (Eksperimen Terhadap Klub Bola Voli Putri Mitra Mutiara Kota Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301417080 - najla ainun hapsari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Smash yaitu teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemain bola voli. Latihan imagery begitu mempengaruhi kepercayaan diri dan hasil ketepatan smash pada tim bola voli. Rumusan masalah 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan latihan imagery terhadap kepercayaan diri pada klub bola voli putri Mitra Mutiara Kota Pekalongan? 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan latihan imagery terhadap ketepatan smash pada klub bola voli putri Mitra Mutiara Kota Pekalongan? 3) Bagaimana efektivitas latihan imagery terhadap kepercayaan diri dan ketepatan smash pada klub bola voli putri Mitra Mutiara Kota Pekalongan? Tujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan serta efektivitas latihan imagery terhadap kepercayaan diri dan ketepatan smash pada klub bola voli putri Mitra Mutiara Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang dipergunakan yaitu eksperimen dengan rancangan “The One Group Pretest Posttest Design”. Populasi pada penelitian ialah atlet bola voli putri Mitra Mutiara Kota Pekalongan jumlahnya 15 atlet. Teknik sampling yang dipergunakan yaitu purposive sample. Sampel yang memenuhi berjumlah 11 atlet. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil 1) terdapat pengaruh yang signifikan, dengan hasil thitung 4,570 > ttabel 2,228 pada angka sig. 0,001 < 0,05 pada kuesioner kepercayaan diri 2) terdapat pengaruh yang signifikan, dengan hasil thitung 3,518 > ttabel 2,228 dan angka sig. 0,006 < 0,05 pada ketepatan smash 3) melihat efektivitas, selisih mean pretest posttest kepercayaan diri sebesar 4,91 dan peningkatan persentase sebesar 5,8% sedangkan selisih mean pretest posttest ketepatan smash sebesar 3,00 dan peningkatan persentase sebesar 33%. Simpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan serta efektivitas latihan imagery terhadap kepercayaan diri dan ketepatan smash pada klub bola voli putri Mitra Mutiara Kota Pekalongan. Saran dari simpulan diatas adalah pelatih mampu membuat atlet senang berlatih dan mengembangkan program latihan imagery khususnya pada teknik smash.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan Imagery, Kepercayaan Diri, Ketepatan Smash, Atlet Bola Voli
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:17
Last Modified: 29 Nov 2022 06:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53633

Actions (login required)

View Item View Item