PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MINDSCAPING UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA MATERI TEORI KINETIK GAS
Sulhadi, dkk (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MINDSCAPING UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA MATERI TEORI KINETIK GAS. Unnes Physics Education Journal. pp. 74-81. ISSN 2252-6935
PDF
Download (674kB) |
Abstract
Penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping dilakukan untuk remediasi miskonsepsi serta peningkatan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bangsri menggunakan Metode Pre-Experimental Designs dengan one-group pretest-postest design yang diterapkan di kelas XI IPA 1. Analisis data menunjukkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase sebesar 55,5%. Peningkatan prestasi belajar siswa diketahui dari uji gain dengan kategori sedang (<g>= 0,59). Dari analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping efektif dalam meremediasi miskonsepsi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remediation, misconception, contextual, mindscaping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 06:17 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 06:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53632 |
Actions (login required)
View Item |