PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MINDSCAPING UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA MATERI TEORI KINETIK GAS


Sulhadi, dkk (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MINDSCAPING UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA MATERI TEORI KINETIK GAS. Unnes Physics Education Journal. pp. 74-81. ISSN 2252-6935

[thumbnail of Salinan 2017_UPEJ_Rini - sulhadi pati.pdf] PDF
Download (674kB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping dilakukan untuk remediasi miskonsepsi serta peningkatan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bangsri menggunakan Metode Pre-Experimental Designs dengan one-group pretest-postest design yang diterapkan di kelas XI IPA 1. Analisis data menunjukkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase sebesar 55,5%. Peningkatan prestasi belajar siswa diketahui dari uji gain dengan kategori sedang (<g>= 0,59). Dari analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping efektif dalam meremediasi miskonsepsi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Remediation, misconception, contextual, mindscaping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:17
Last Modified: 29 Nov 2022 06:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53632

Actions (login required)

View Item View Item