PERBEDAAN LATIHAN SHOOTING BOLA JALAN DAN BOLA DIAM TERHADAP KETEPATAN SHOOTING (Studi Eksperimen pada Siswa Usia 12-14 Tahun SSB New Star Tahun 2021)


Achmad Bagus Atoul Muhibin, 6301417070 (2021) PERBEDAAN LATIHAN SHOOTING BOLA JALAN DAN BOLA DIAM TERHADAP KETEPATAN SHOOTING (Studi Eksperimen pada Siswa Usia 12-14 Tahun SSB New Star Tahun 2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301417070 - Bagus Muhibin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gol merupakan tujuan dari permainan sepak bola. Banyak peluang yang terbuang sia-sia ketika melakukan shooting karena kurangnya latihan shooting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih baik mana shooting bola jalan dan diam terhadap ketepatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan “two groups Pretest-Posttest design”, yaitu desain penelitian dengan pengambilan data pretest sebelum diberikan perlakuan dan data posttest setelah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB New Star usia 12-14 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan menggunakan stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan shooting bola jalan ke gawang pada siswa SSB New Star FA kelompok umur 12-14 tahun pada kelompok A (eksperimen A shooting bola jalan) meningkat saat pretest. Sesuai dengan paparan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa latihan dengan bola diam lebih baik dibandingkan latihan dengan bola jalan terhadap ketepatan shooting ke gawang. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah ada perbedaan latihan shooting dengan bola jalan terhadap ketepatan shooting ke gawang siswa Sekolah Sepak bola New Star. Latihan shooting dengan bola diam lebih baik daripada latihan shooting dengan bola jalan.Saran yang disampaikan adalah pelatih dapat memberikan metode latihan yang baik sesuai karakteristik pemain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan, Shooting, Ketepatan
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:11
Last Modified: 29 Nov 2022 06:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53631

Actions (login required)

View Item View Item