PENGARUH LATIHAN SERVIS DENGAN METODE JARAK BERTAHAP TERHADAP KETEPATAN JUMP SERVICE ATLET BOLA VOLI PBV WATUJAYA BREBES


Said Abdulloh, 6301417054 (2021) PENGARUH LATIHAN SERVIS DENGAN METODE JARAK BERTAHAP TERHADAP KETEPATAN JUMP SERVICE ATLET BOLA VOLI PBV WATUJAYA BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301417054 - Said Abdulloh.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan atlet PBV Watujaya dalam melakukan jump service belum sesuai dengan target dalam kejuaraan yang telah diikuti. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk penguji pengaruh latihan servis dengan metode jarak bertahap terhadap ketepatan jump service atlet PBV Watujaya Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest and posttest tes design. Lokasi penelitian di lapangan SMP Negeri 1 Sirampog. Sasaran penelitian ini yaitu atlet PBV Watujaya yang berjumlah 16 atlet. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t before-after di SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil t hitung 20.682 > t tabel 2.144 dan nilai signifikasi 0.00 < 0.05, mengalami peningkatan hasil tes sebesar 13,312 atau 78.30 %. Sehingga latihan servis dengan metode jarak bervariasi berpengaruh terhadap hasil ketepatan jump service atlet PBV Watujaya Brebes. Simpulan penelitian ini menyatakan ada pengaruh dari latihan servis dengan metode jarak bertahap terhadap ketepatan jump service atlet PBV Watujaya. Dari hasil penelitian menyarankan pelatih dalam meningkatkan ketepatan jump service atlet dapat menggunakan latihan servis dengan metode jarak bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Varied Distance, Accuracy, Jump Service
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:48
Last Modified: 29 Nov 2022 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53614

Actions (login required)

View Item View Item