INTENSITAS KONSUMSI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN AUDIT ENERGI LISTRIK PADA SETIAP LANTAI DAN RUANGAN ASRAMA PUTRI UNNES


Novi Ayuk Kusuma, .5301416020 (2021) INTENSITAS KONSUMSI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN AUDIT ENERGI LISTRIK PADA SETIAP LANTAI DAN RUANGAN ASRAMA PUTRI UNNES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of INTENSITAS KONSUMSI ENERGI LISTRIK  MENGGUNAKAN AUDIT ENERGI LISTRIK PADA  SETIAP LANTAI DAN RUANGAN ASRAMA PUTRI  UNNES] PDF (INTENSITAS KONSUMSI ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN AUDIT ENERGI LISTRIK PADA SETIAP LANTAI DAN RUANGAN ASRAMA PUTRI UNNES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gedung asrama mahasiswa putri UNNES merupakan salah satu gedung besar milik di bawah naungan instansi UNNES. Memiliki banyak ruangan yang ditempati banyak mahasiswa putri UNNES yang setiap tahunnya berganti dan memiliki kebiasaan yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi besar konsumsi listrik di gedung asrama mahasiswa putri UNNES. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar intensitas konsumsi energi listrik setiap ruangan pada gedung asrama mahasiswa putri UNNES ketika kondisi pandemi dengan kondisi normal, mengevaluasi peluang penghematan konsumsi energi listrik, kemudian memberikan rekomendasi sistem penggunaan energi listrik yang lebih efisien, dan mengevaluasi intensitas penerangan setiap ruangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi data profil penggunaan energi listrik setiap ruangan. Analisis data menggunakan deskriptif, dengan membandingkan hasil pengukuran penggunaan energi listrik dengan standar (SNI 03-6196-2000) melalui audit energi. Hasil selisih dari total perbandingan konsumsi listrik harian ketika hanya 18 kamar yang ditempati dengan 96 kamar ditempati yaitu sebesar 79 kWh/hari. Sedangkan hasil selisih dari total perbandingan IKE per bulan pada setiap lantai ketika kondisi pandemi dengan kondisi normal hanya yaitu sebesar 2,5 kWh/m2 /bulan. Hasil evaluasi IKE ketika kondisi pandemi beberapa ruangan yang termasuk kategori sangat boros yaitu ruang dapur lantai 1, kamar 214 dan kamar 4B11. Karena ruangan-ruangan tersebut memiliki beberapa alat listrik dengan daya yang besar dan sering dioperasikan setiap hari. Hasil peluang penghematan energi gedung asrama mahasiswa putri UNNES sebesar Rp. 468.181.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Intensitas Konsumsi Energi, Evaluasi, Peluang Hemat Energi
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:41
Last Modified: 29 Nov 2022 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53608

Actions (login required)

View Item View Item