DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG


Sodikun, 7211416101 (2021) DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG] PDF (DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepatuhan Pajak adalah tindakan wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan peraturan pelaksanaan perpajakan yang berlaku dalam suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan, persepsi PP Nomor 23 Tahun 2018, pemahaman pajak, sanksi pajak terhadap kepatuhan pajak dengan niat pajak sebagai variabel pemediasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Semarang baik yang sudah terdaftar maupun belum di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel akhir sebanyak 100 responden UMKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) Path Modeling dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat kepatuhan pajak. Norma subyektif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat kepatuhan pajak. Kontrol perilaku yang dipersepsikan tidak berpengaruh terhadap niat kepatuhan pajak. Kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pajak. Persepsi PP Nomor 23 Tahun 2018 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat kepatuhan pajak. Pemahaman pajak berpengaruh signifikan terhadap niat kepatuhan pajak Sanksi Perpajakan berpengaruh signifikan terhadap niat kepatuhan pajak. Niat kepatuhan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pajak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sikap dan norma subyektif berpengaruh terhadap niat kepatuhan pajak. Kontrol perilaku yang dipersepsikan dan persepsi PP Nomor 23 Tahun 2018 tidak berpengaruh terhadap niat kepatuhan pajak. Kontrol perilaku yang dipersepsikan, pemahaman pajak, sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap niat kepatuhan pajak serta niat kepatuhan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pajak. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti kembali mengenai penelitian ini dengan metode dan alat ukur yang berbeda dikarenakan masih terdapat perbedaan hasil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Kepatuhan Pajak, Determinan Kepatuhan Pajak, UMKM, Wajib Pajak UMKM, Paak Kota Semarang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:22
Last Modified: 29 Nov 2022 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53607

Actions (login required)

View Item View Item