OPTIMALISASI ALAT PELARUT PCB DENGAN PENGATURAN SUHU, TAKARAN, DAN LARUTAN


Muhammad Bahiij, .5301414092 (2021) OPTIMALISASI ALAT PELARUT PCB DENGAN PENGATURAN SUHU, TAKARAN, DAN LARUTAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of OPTIMALISASI ALAT PELARUT PCB DENGAN  PENGATURAN SUHU, TAKARAN, DAN LARUTAN] PDF (OPTIMALISASI ALAT PELARUT PCB DENGAN PENGATURAN SUHU, TAKARAN, DAN LARUTAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Printed Circuit Board (PCB) merupakan papan yang digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen elektronika dengan lapisan jalur konduktornya. Proses pembuatan jalur PCB memerlukan beberapa tahap, salah satunya adalah proses etching PCB. Proses etching PCB yang belum optimal akan memberi dampak yang signifikan terhadap hasil etching PCB. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rancang bangun alat pelarut PCB yang optimal dengan cara menambahkan pengaturan suhu, takaran, dan larutan pada proses etchingnya. Metode perancangan yang digunakan adalah desain experimental. Rancang bangun alat ini menggunakan trafo 1A dan 2A sebagai power supply, arduino uno sebagai mikrokontrolnya, sensor TDS, sensor suhu 18B20, sensor ultrasonic, relay 5v water heater, motor servo MG995, pompa DC motor submersible sebagai aktuatornya. Variabel yang digunakan dalam pengujian ini antara lain, pengaruh banyaknya takaran fecl yang dimasukan pada proses etching dengan variasi 100gr, 150gr, 200gr, suhu pemanasan dengan variasi 70⁰C, 85⁰C, 95⁰C, 100⁰C dan volume larutan air etching dengan variasi 2,2 ℓ, 4,4 ℓ, 6,6 ℓ terhadap hasil proses etching PCB. Berdasarkan hasil pengujian membuktikan bahwa pengaruh takaran fecl dan suhu yang tinggi pada proses etching menunjukkan adanya perbedaan tingkat korosif yang sangat tinggi sehingga PCB rusak total pada etching ke 3 mode 1 dengan fecl3 150gr dan ppm 68181 ditunjukan lapisan tembaga mengalami pengikisan yang signifikan dibandingkan dengan mode etching 1 dan 2. Hasil pengujian pengaruh suhu pada proses etching menunjukan bahwa pada suhu 70⁰C menunjukan hasil yang paling baik. Hasil dari proses etching yang terbaik adalah pada percobaan kedua dengan rincian suhu 70 ⁰C, volume takaran 4,4 ℓ dan FeCl3 150gr dengan percobaan masing-masing mode 1 buah papan PCB.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PCB, FeCl3, Suhu, Etching, Takaran
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:45
Last Modified: 29 Nov 2022 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53602

Actions (login required)

View Item View Item