ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN ZEOLIT DAN KAPUR SEBAGAI SOIL TREATMENT TERHADAP NILAI TAHANAN PENTANAHAN


Novia Amrina Rosyada, .5301414051 (2021) ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN ZEOLIT DAN KAPUR SEBAGAI SOIL TREATMENT TERHADAP NILAI TAHANAN PENTANAHAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN ZEOLIT DAN  KAPUR SEBAGAI SOIL TREATMENT TERHADAP  NILAI TAHANAN PENTANAHAN] PDF (ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN ZEOLIT DAN KAPUR SEBAGAI SOIL TREATMENT TERHADAP NILAI TAHANAN PENTANAHAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pentanahan adalah faktor penting dalam pengamanan sistem tenaga listrik yang berfungsi mengamankan peralatan listrik dan manusia dengan cara mengalirkan arus gangguan ke tanah. Pentanahan gedung yang baik mempunyai nilai tahanan pentanahan <5Ω. Nilai tahanan pentanahan dipengaruhi oleh jenis tanah, jenis elektroda, kelembapan tanah, dan komposisi zat kimia dalam tanah. Salah satu upaya untuk menurunkan nilai tahanan pentanahan yaitu dengan pemberian zat aditif zeolit dan kapur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan nilai tahanan pentanahan sebelum dan sesudah pemberian zeolit dan kapur pada tanah berkerikil, dan mengetahui perbandingan massa zat aditif yang tepat diberikan untuk memperoleh nilai tahanan pentanahan yang lebih kecil, serta mengetahui persentase penurunannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Perlakuan berupa pemberian zeolit dan kapur pada 6 lubang pentanahan dengan variasi komposisi zat aditif. Data penelitian diperoleh dengan cara pengukuran langsung menggunakan alat ukur earth tester di halaman Gedung E8 Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang dengan jenis tanah berkerikil. Hasil penelitian menunjukkan pemberian zeolit dan kapur dapat menurunkan nilai tahanan pentanahan dari 2,77% hingga 45,14%. Hasil terbaik ketika pemberian zeolit 100% dengan massa 8,19 kg, mampu menurunkan nilai tahanan pentanahan menjadi 17Ω.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Zat aditif, soil treatment, tahanan pentanahan
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:28
Last Modified: 29 Nov 2022 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53599

Actions (login required)

View Item View Item