PERKEMBANGAN PENGGUNAAN LAHAN PERUMAHAN DAN PREFERENSI BERMUKIM DI PERUMAHAN KELURAHAN GEDAWANG KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Muhammad Firdian Falas, 3211417061 (2021) PERKEMBANGAN PENGGUNAAN LAHAN PERUMAHAN DAN PREFERENSI BERMUKIM DI PERUMAHAN KELURAHAN GEDAWANG KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211417061 - Muhammad Firdian Falas(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penduduk merupakan faktor yang tidak bisa diabaikan dalam proses pembangunan, terlebih lagi kebutuhan dasar atas papan. Jumlah penduduk dan laju pertumbuhan yang tinggi akan menuntut adanya pembangunan fisik baik itu tempat tinggal dan sarana prasarana penunjang lainnya. Pada wilayah kota pembangunan dan ketersediaan perumahan semakin sedikit dikarenakan tingginya proses pembangunan dan terdapat banyak permasalahan lainnya seperti pada perumahan yang ada sudahkah sesuai dengan rencana tata ruang wilayah yang ada dan juga perumahan yang tersedia apakah dapat terjangkau oleh masyarakat di semua kalangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis perkembangan perubahan penggunaan lahan untuk perumahan di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, (2) Mengetahui pola persebaran perumahan yang ada di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, (3) Menganalisis faktor-faktor preferensi bermukim yang mempengaruhi perkembangan perumahan di Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Metode yang digunakan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis 1) Analisis data spasial adalah pengelolaan data spasial yang dalam pengelolaannya menggunakan Sistem Informasi Geografis yang digunakan untuk menganalisis perubahan penggunaan lahan perumahan, 2) Analisis tetangga terdekat yang digunakan untuk mengetahui pola perumahan, dan 3) analisis regresi linier berganda untuk mengetahui preferensi bermukim masyarakat. Hasil Penelitian ini Pengguna lahan yang ada di Kelurahan Gedawang semua mengalami perkembangan, khususnya perubahan dari lahan tidak terbangun menjadi lahan terbangun yang salah satu faktor yang menyebabkan perubahan lahan adalah karena adanya kebutuhan akan tempat tinggal yang tinggi, pola persebaran perumahan di Kelurahan Gedawang termasuk dalam klasifikasi pola mengelompok. Faktor prefensi bermukim masyarakat yang paling dominan adalah prefensi dalam variabel fasilitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan perumahan, pola perumahan, Preferensi Bermukim
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:17
Last Modified: 29 Nov 2022 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53597

Actions (login required)

View Item View Item