PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INTANGIBLE ASSETS, DAN MULTINATIONALITY TERHADAP TAX AVOIDANCE


Heny Rahmawati, 7211415166 (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INTANGIBLE ASSETS, DAN MULTINATIONALITY TERHADAP TAX AVOIDANCE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INTANGIBLE ASSETS, DAN MULTINATIONALITY TERHADAP TAX AVOIDANCE] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, INTANGIBLE ASSETS, DAN MULTINATIONALITY TERHADAP TAX AVOIDANCE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tax Avoidance merupakan upaya manajemen perusahaan untuk menimalkan beban pajak yang dibayarkan namun tidak melanggar peraturan perundang undangan perpajakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, intangible assets, dan multinationality terhadap tax avoidance. Populasi penelitian ini adalah perusahaan multnasional dibidang manufaktur dan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 sejumlah 77 perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 115 unit analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan metode analisis data adalah analisis regresi linier berganda dengan software SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tax avoidance. Intangible assets dan multinationality tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Berdasarkan penelitian ini pemerintah diharapkan dapat melakukan pengawasan perpajakan lebih ketat lagi untuk menghindari adanya tindakan tax avoidance. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan pengukuran lain dan dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi tax avoidance.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tax Avoidance, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Intangible Assets, Multinationality
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:21
Last Modified: 29 Nov 2022 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53596

Actions (login required)

View Item View Item