Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Citra terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Puskesmas di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang


Selamet Nardiyantoro , 7350406502 (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Citra terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Puskesmas di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Citra terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Puskesmas di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang] PDF (Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Citra terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Puskesmas di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang) - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Puskesmas Sarang di Kabupaten Rembang adalah salah satu lembaga penyedia jasa pelayanan kesehatan. Usaha pelayanan jasa untuk meningkatkan kepuasan pasien dapat di tempuh dengan berbagai cara di antaranya dengan meningkatkan kualitas pelayanan, fasilitas dan citra. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan citra terhadap kepuasan pasien. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang pernah menjalani rawat inap pada Puskesmas di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik random sampling dengan rumus Slovin dan diperoleh sebanyak 100 pasien. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas Pelayanan (X1), Fasilitas (X2), Citra (X3) dan Kepuasan Pasien (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokomentasi, wawancara, kuesioner dan obsevasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan deskriptif persentase, uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial (t) dan uji simultan (f), dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi data menunjukkan persamaan sebagai berikut Y = 5,662 + 0,217 X1 + 0,075 X2 + 0,166 X3. Hasil uji F diperolehde dengan serta p value sebesar 0,000 lebih kecil dari pada 0,05, dan uji t diperoleh taraf signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari pada 0,05 untuk kualitas pelayanan, 0,034 lebih kecil dari pada 0,05 untuk fasilitas dan 0,022 lebih kecil dari pada 0,05 untuk citra. Koefisien determinasi sebesar 0,294, hal ini berarti 29,4% kepuasan pasien dipengaruhi oleh kualitas palayanan, fasilitas dan citra pada Puskesmas di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, sedangkan sisanya 70,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 18,49%, fasilitas berpengaruh sebasar 4,62% dan citra berpengaruh sebesar 5,38% terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Secara simultan pengaruh terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang sebesar 31,5%. Saran yang dapat diberikan adalah Puskesmas Sarang di Kabupaten Rembang supaya tetap menjalankan pelatihan dalam memberikan tata cara pelayanan pasien secara rutin, petugas keamanan menjalankan tugasnya dengan professional, menambah dokter pada saat terjadi penyakit musiman supaya dokter tidak kualahan dan pasien tidak lama menunggu saat menjalani perawatan. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti dengan variabel yang lain seperti harga dan lokasi yang kiranya dapat mempengaruhi kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Citra, Kepuasan Konsumen.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Oct 2011 05:34
Last Modified: 25 Apr 2015 05:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item