FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)


Anif Fatulkhasanah, 7211415083 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dunia usaha yang makin ketat mendorong perusahaan untuk mengalihkan cara berbisnis dari yang awalnya menggunakan sumber daya tenaga kerja menjadi sumber daya pengetahuan yang dikenal dengan modal intelektual. Modal intelektual dapat menjadi nilai lebih bagi perusahaan apabila dikelola dengan baik. Modal intelektual juga menjadi pertimbangan investor dalam berinvestasi. Namun pengungkapan modal intelektual perusahaan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan modal intelektual. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018 sejumlah 175 perusahaan. Data penelitian merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh laporan tahunan perusahaan di laman Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling sehingga diperoleh 31 perusahaan sampel dengan 93 unit analisis. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Sedangkan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, profitabilitas, leverage, umur perusahaan dan research and development tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual. Simpulan dan saran berdasarkan hasil penelitian ini antara lain rata-rata pengungkapan modal intelektual pada perusahaan sampel masih cenderung rendah, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan pengungkapan modal intelektual. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan proksi lain pada variabel yang tidak berpengaruh pada pengungkapan modal intelektual. Selain itu dapat pula menggunakan proksi lain pada variabel pengungkapan modal intelektual pada penelitian selanjutnya sebagai perbandingan. Penelitian selanjutnya juga dapat menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi pengungkapan modal intelektual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengungkapan modal intelektual; kepemilikan institusional; kepemilikan manajerial; kepemilikan asing; ukuran perusahaan; profitabilitas; leverage; umur perusahaan; research and development.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:27
Last Modified: 28 Nov 2022 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53587

Actions (login required)

View Item View Item