Analisis Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri di Kota Cirebon Berdasarkan Literasi Sains


Sulhadi, - (2017) Analisis Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri di Kota Cirebon Berdasarkan Literasi Sains. Physics Communication, 1 (2). pp. 12-18. ISSN 2528-5971

[thumbnail of Salinan 2017_PhysCom_Rohman dkk - sulhadi pati.pdf] PDF
Download (349kB)

Abstract

Orang yang literat sains dapat dengan tepat menggunakan konsep sains, prinsip, hukum,dan teori dalam berinteraksi dengan lingkungannya serta menggunakan proses sains dalam menyelesaikan masalah, membuat keputusan, selanjutnya mengerti keadaan alam yang sesungguhnya. Hasil penelitian tingkat internasional menunjukkan bahwa tingkat literasi siswa Indonesia masuk dalam kategori rendah. Kemampuan literasi sains siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menyampaikan materi yang menggunakan aspek literasi sains. Analisis kemampuan literasi sains guru dari materi belajar dan pembelajarannya di kelas diperlukan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa yang merupakan hasil dari proses pembelajaran. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu guru kelas X sebanyak 12 orang dan siswa kelas X sebanyak 325 orang dari 9 SMA Negeri di Kota Cirebon. Analisis literasi sains yang dilakukan pada setiap indikator melalui tes, nontes, dan dokumentasi. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains guru sangat tinggi, pemunculan literasi sains dalam proses pembelajaran sedang, dan kemampuan literasi sains siswa setelah proses pembelajan sedang. Berdasarkan hasil tersebut peningkatan kualitas pengajaran di kelas yang memuncukan kemampuan literasi sains sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Science, Scientific Literacy, Teaching.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:35
Last Modified: 28 Nov 2022 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53585

Actions (login required)

View Item View Item