PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA CRAWL (Pada Atlet Renang Klub TCS Kota Semarang Tahun 2021)


Gilang Patriotic, 6301416022 (2021) PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL KECEPATAN RENANG 50 METER GAYA CRAWL (Pada Atlet Renang Klub TCS Kota Semarang Tahun 2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301416022 - Gilang Patriotic.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum diketahuinya pengaruh latihan imagery terhadap kepercayaan diri dan kecepatan renang 50 meter gaya crawl dan belum dilakukannya penelitian serupa di klub TCS Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan imagery dan kepercayaan diri terhadap kecepatan renang 50 meter. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini dilaksakan di Kolam Renang Banteng Raider. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 atlet. Instrumen pada penelitian ini ialah kuisioner dan tes kecepatan renang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) pretest posttest kecepatan renang t hitung 3.206 > t tabel 2.570 dengan peningkatan persentase sebesar 2.7% maka terdapat pengaruh yang signifikan. 2) pretest posttest kepercayaan diri t hitung 3.847 > t tabel 2.570 dengan peningkatan persentase sebesar 9.6% maka terdapat pengaruh yang signifikan. Simpulan dari penelitian ini ialah adanya pengaruh latihan imagery terhadap kepercayaan diri dan kecepatan renang 50 meter gaya crawl. Saran peneliti untuk atlet renang perlu melakukan latihan imagery secara individu dan rutin agar dapat meningkatkan prestasi baik latihan maupun perlombaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan imagery, Kepercayaan Diri, Prestasi Atlet
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:27
Last Modified: 28 Nov 2022 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53572

Actions (login required)

View Item View Item