PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT MELALUI PERMAINAN SOBASE (SOFTBALL-BASKET-SEPAKBOLA) PADA SISWA SMA NEGERI 1 CEPOGO TAHUN 2021


Aditya Hargiyana, 6301416001 (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT MELALUI PERMAINAN SOBASE (SOFTBALL-BASKET-SEPAKBOLA) PADA SISWA SMA NEGERI 1 CEPOGO TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301416001 - Aditya Hargiyana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bentuk permainan SOBASE dan minat siswa dalam mengikuti SOBASE Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permainan SOBASE pada pembelajaran pendidikan jasmani siswa SMA Negeri 1 Cepogo serta untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti permainan SOBASE. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Cepogo sebanyak 20 siswa pada uji coba I dan 60 siswa pada uji coba II. Tenik pengumpulan data menggunakan kuisoner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripstif presentase, sedangkan validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil uji coba I data evaluasi ahli yaitu, ahli pengembang permainan pertama rata rata 95.3% dan dari ahli pengembang permainan kedua 93.75% ,hasil uji coba I, 20 siswa mempunyai minat kategori tinggi.Hasil uji coba skala II data evaluasi ahli yaitu, ahli pengembang permainan pertama rata rata 100% dan dari ahli pengembang permainan kedua 100%, hasil uji coba II 57 siswa mempunyai minat kategori tinggi dan 3 siswa kategori sedang. Kesimpulannya adalah bahwa pengembangan permainan SOBASE ini dapat diterapkan untuk siswa SMA Negeri 1 Cepogo agar pengembangan permainan ini dapat menjadi alernatif penyampaian pembelajaran dengan harapan pembelajaran pejasorkes akan lebih menarik dan varatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Permainan SOBASE; Pembelajaran; Minat
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:55
Last Modified: 28 Nov 2022 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53566

Actions (login required)

View Item View Item