HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN DAN GOOD GOVERNANCE DI DINAS KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA PROVINSI JAWA TENGAH


Muhammad Tauffiqqurahman, 6211417112 (2021) HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN DAN GOOD GOVERNANCE DI DINAS KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211417112 - Muhammad Tauffiqqurahman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah organisasi olahraga mengalami kegagalan dalam menyelenggarakan pengelolaan organisasi yang berdasarkan good governance dapat mengakibatkan hilangnya minat dari pada stakeholders untuk bekerjasama termasuk di dalamnya penurunan partisipasi anggota dalam memajukan organisasi hingga adanya intervensi dari pihak eksternal. Salah satu yang mempengaruhinya adalah gaya kepemimpinan dari pimpinan organisasi. Namun, gaya kepemimpinan seperti apa yang paling dominan digunakan serta apakah gaya kepemimpinan tersebut sudah mampu mempengaruhi kualitas good governance organisasi tersebut, hal itu perlu dikaji lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan apa yang paling dominan digunakan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah serta hubungan gaya kepemimpinan yang dominan dengan kualitas good governance. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah sejumlah 154 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Data penelitian diambil menggunakan metode survei dengan instrumen berupa kuesioner sebanyak dua jenis kuesioner, yaitu kuesioner gaya kepemimpinan dan good governance. Selanjutnya, data diolah menggunakan SPSS V.25. dengan teknik spearman rank dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menyatakan bahwa, gaya kepemimpinan yang dominan diterapkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah adalah gaya kepemimpinan humanis dengan nilai persentase 95,73%. Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan dengan good governance dengan nilai korelasi sebesar 0,354 dan nilai signifikansi sebesar 0,003. Gaya kepemimpinan memiliki pengaruh sebesar 17,8% terhadap kinerja organisasi. Simpulan dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan yang digunakan di Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah adalah gaya kepemimpinan humanis. Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan good governance dengan keeratan hubungan berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Olahraga, Gaya kepemimpinan, Good Governance, Manajemen Organisasi, Organisasi Olahraga
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:39
Last Modified: 28 Nov 2022 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53562

Actions (login required)

View Item View Item