EVALUASI PROGRAM REHABILITASI (MODALITY THERAPY, MANUAL THERAPY, STRENGTH TRAINING) TERHADAP PENURUNAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN LOW BACK PAIN MYOGENIC DI KLINIK OLAHRAGA SPPOI EMINENCE JAKARTA


Yazid Rizki Khamdani, 6211417091 (2021) EVALUASI PROGRAM REHABILITASI (MODALITY THERAPY, MANUAL THERAPY, STRENGTH TRAINING) TERHADAP PENURUNAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN LOW BACK PAIN MYOGENIC DI KLINIK OLAHRAGA SPPOI EMINENCE JAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211417091 - Yazid Rizki Khamdani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Low Back Pain merupakan nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh faktor mekanik dimana terjadi iritasi pada jaringan pendukung gerakan punggung bawah gerakan tulang belakang seperti orang yang dengan tiba-tiba harus menangkap atau mengangkat beban berat dimana punggung belum dan bahkan tidak siap sehingga terjadi cidera pada ligamen, otot, kapsul sendi, pendukung gerakan tulang belakang yang menimbulkan nyeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen rehabilitasi dan mengetahui efek program rehabilitasi terhadap penurunan derajat nyeri low back pain myogenic. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 paisen yang melakukan program rehabilitasi low back pain di Klinik Olahraga SPPOI Eminence Jakarta. Sampel diberi perlakuan atau reatment sesuai protokol program rehabilitasi modality therapy, manual therapy, strenth training. Pengukuran dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pretest, 5 kali sesi dan 10 kali sesi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah visual analogue scale (VAS) berupa Pain Scale. Teknik analisis data menggunakan uji analisis deskriptif kuantitatif atau statistik non-parametrik dengan program IBM SPSS 26. Hasil penelitian rata-rata derajat nyeri Low Back Pain Myogenic pre-test 6,90. Selanjutnya, diberikan 5 kali sesi program rehabilitasi didapatkan hasil 3,90 dengan perubahan 3,0 dan setelah diberikan 10 kali sesi program rehabilitasi diapatkan hasil 0,80 dengan perubahan 6,1. Simpulan Program rehabilitasi (Modality Therapy, Manual Therapy, Strength Training) efektif terhadap program rehabilitasi efektif dalam perubahan derajat nyeri pada pasien Low Back Pain Myogenic di SPPOI Eminence.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Low Back Pain, Global Burden Diseas, Terapi rehabiitasi, SPPOI Eminence
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:57
Last Modified: 28 Nov 2022 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53558

Actions (login required)

View Item View Item