PENGEMBANGAN POTENSI OLAHRAGA REKREASI PASER (TAHAP AKHIR) SEBAGAI DAYA TARIK BARU DI OBJEK WISATA WADUK CACABAN KABUPATEN TEGAL


Dzulfikri Ritonga, 6211417040 (2021) PENGEMBANGAN POTENSI OLAHRAGA REKREASI PASER (TAHAP AKHIR) SEBAGAI DAYA TARIK BARU DI OBJEK WISATA WADUK CACABAN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211417040.pdf - Dzulfikri Ritonga.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan utama yang ada di Waduk Cacaban adalah kurangnya minta pengunjung. Dilihat dari sumber daya alam dan karakteristik yang dimiliki Waduk Cacaban Kabupaten Tegal olahraga rekreasi Paser sangat cocok untuk dimunculkan dan dikembangkan karena memiliki potensi menjadikan daya tarik baru dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk yang belum ada sebelumnya, guna menjadi referensi dalam penyelenggaran Paser baik itu bersifat rekreasi maupun kegiatan olahraga rekreasi Paser bersifat event yang bisa menjadi daya tarik baru di Waduk Cacaban. Penelitian ini merupakan penelitian payung yang menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan tahap penilitian yang dibagi menjadi tiga tahap besar, yaitu: 1) Tahap awal, 2) Tahap lanjutan, dan 3) Tahap akhir (menjadi fokus tahapan peneliti). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil perolehan skor uji ahli produk tahap II dari bidang olahraga, bidang olahraga rekreasi Paser, bidang pariwisata, bidang kebahasaan dapat disimpulkan bahwa produk buku olahraga rekreasi Paser tahap II memiliki skor rata-rata 3,45 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Simpulan dalam penelitian ini adalah pengembangan olahraga rekreasi Paser memiliki potensi menjadi daya tarik baru yang ada di Objek Wisata Waduk Cacaban Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Paser, Olahraga Rekreasi, Buku Olahraga Rekreasi Paser
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:30
Last Modified: 28 Nov 2022 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53551

Actions (login required)

View Item View Item