PENGEMBANGAN POTENSI OLAHRAGA REKREASI PASER (TAHAP AWAL) SEBAGAI DAYA TARIK BARU DI OBJEK WISATA WADUK CACABAN KABUPATEN TEGAL


Afan Afghani, 6211417010 (2021) PENGEMBANGAN POTENSI OLAHRAGA REKREASI PASER (TAHAP AWAL) SEBAGAI DAYA TARIK BARU DI OBJEK WISATA WADUK CACABAN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211417010 - Afan Afghani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Objek Wisata Waduk Cacaban memiliki potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan, kurangnya minat pengunjung Waduk Cacaban menjadi permasalahan utama pada penelitian dan pengembangan ini. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan potensi olahraga rekreasi Paser sebagai daya tarik baru di Objek Wisata Waduk Cacaban untuk meningkatkan minat pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) tahap awal yaitu menemukan potensi dan masalah, studi literatur, mengkaji data informasi, penyusunan desain produk dan melakukan uji ahli tahap satu. Uji ahli tahap satu melibatkan beberapa ahli diantaranya ahli bidang olahraga, ahli bidang olahraga rekreasi Paser, ahli bidang Pariwisata dan ahli kebahasaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi lapangan, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil uji ahli bidang olahraga tahap I memperoleh skor rata-rata 2 “cukup layak” dengan kesimpulan dapat digunakan dengan banyak perbaikan. Hasil uji ahli bidang olaraga rekreasi Paser tahap I memperoleh skor rata-rata 4 “sangat layak” dengan kesimpulan dapat digunakan dengan sedikit perbaikan. Hasil uji ahli bidang pariwisata tahap I memperoleh skor rata-rata 3 “layak” dengan kesimpulan dapat digunakan dengan sedikit perbaikan. Hasil uji ahli bidang kebahasaan tahap I memperoleh skor rata-rata 4 “sangat layak” dengan kesimpulan dapat digunakan dengan sedikit perbaikan. Kesimpulan pada penelitian dan pengembangan ini yaitu olahraga rekreasi paser memiliki potensi menjadi sebuah daya tarik baru yang ada di Objek Wisata Waduk Cacaban yang dapat meningkatkan pengunjung Objek Wisata Waduk Cacaban. Saran bagi pembaca maupun peneliti selanjutnya diharapkan dapat dijadikan penunjang informasi dalam melakukan olahraga rekreasi Paser dan bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan tahap evaluasi responden secara langsung guna menyebarluaskan informasi tentang olahraga rekreasi paser.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olahraga Rekreasi, Pariwisata Olahraga, Paser
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:58
Last Modified: 28 Nov 2022 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53544

Actions (login required)

View Item View Item