PROFIL GURU PENJAS SD KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2021


MUHAMAD SURIA SATRIO, 6102417049 (2021) PROFIL GURU PENJAS SD KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102417049 - Suria Satrio.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan awal tentang bagaimana sulitnya pembelajaran di masa pandemi dan peran guru yang sangat krusial untuk membuat pelajaran pendidikan jasmani ini tetap menarik, tidak membosankan dan digemari oleh semua siswa sehingga mereka berminat untuk mendalaminya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana profil guru pendidikan jasmani SD di Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ada di wilayah Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal dengan sejumlah 33 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dengan cara wawancara terbuka dengan guru pendidikan jasmani, kepala sekolah dan guru, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah gambaran yang jelas mengenai kondisi profil dan kompetensi guru pendidikan jasmani yang ada di wilayah Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun 2021. Data profil yang di peroleh mulai dari umur, lama mengajar, kondisi fisik, serta perbandingan guru PNS dan honorer. Dari hasil wawancara dan observasi yang telah saya lakukan terhadap guru pendidikan jasmani yang ada di wilayah Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal mereka sudah memahami tentang 4 standar kompetensi guru (kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional) Simpulan dari penelitian ini yaitu guru sudah mampu mengetahui apa yang harus dilakukan selama masa pandemi dalam kegiatan belajar mengajar agar siswa tetap semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dari 33 guru pendidikan jasmani juga sudah baik dalam hal pedagogik dan profesional, serta sangat baik dalam hal sosial dan kepribadian. Peneliti menyarankan sebaiknya guru memiliki kemauan yang kuat untuk selalu belajar agar meningkatkan skill pada dirinya, guru juga bisa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pelatihan atau seminar sehingga dapat menggunakan model dan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profil, Kompetensi, Guru, Penjas SD
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:35
Last Modified: 28 Nov 2022 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53522

Actions (login required)

View Item View Item