ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN


Endang Susilaningsih, - (2019) ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (2). 2395 -2403. ISSN 1979-0503

[thumbnail of 15152-48077-1-PB.pdf] PDF
Download (134kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pengetahuan peserta didik pada materi hidrolisis garam melalui model pembelajaran POE. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah penelitian yang dilakukan untuk menjelaskan secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Prosedur penelitian yang dilakukan mulai dari merancang perangkat pembelajaran, melakukan validasi ahli, uji coba instrumen, memberikan perlakuan pembelajaran POE, dan melaksanakan posttest. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 SMA Negeri 1 Demak yang diambil atas saran dari guru atau menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi�experimental design. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memperoleh persentase ketuntasan klasikal pada kelas XI IPA 1 sebesar 76,32% dan XI IPA 3 yang mencapai 78,95%. Peserta didik yang tuntas kompetensi pengetahuannya pada kelas XI IPA 1 sebanyak 29 peserta didik dan kelas XI IPA 3 sebanyak 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model POE, peserta didik mampu mencapai ketuntasan kompetensi pengetahuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model POE, deskriptif kualitatif, kompetensi pengetahuan, hidrolisis garam
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Achievement
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:51
Last Modified: 25 Nov 2022 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53507

Actions (login required)

View Item View Item