PENERAPAN METODE INVESTIGASI PADA PEMBELAJARAN MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MEMINIMALISASI MISKONSEPSI


Endang Susilaningsih, - (2013) PENERAPAN METODE INVESTIGASI PADA PEMBELAJARAN MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MEMINIMALISASI MISKONSEPSI. Chemistry in Education, 2 (2). pp. 118-125. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 1491-Article Text-3958-1-10-20131007.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguatkan konsep larutan penyangga dengan metode investigasi sehingga dapat meminimalisasi miskonsepsi dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode investigasi terhadap sikap ilmiah siswa SMA N 2 Temanggung.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XIsemester 2 SMA N 2 Temanggung. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sebelum penelitian, sampel diberikan pretes, dilanjutkan dengan perlakuan, dan diakhiri dengan postes. Uji statistika yang digunakan adalah uji normalitas, kesamaan dua varians, hipotesis, ketuntasan belajar, normalized gain, dan analisis miskonsepsi. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen 80,00 dan kelas kontrol 73,2. Pada uji hipotesis thitung (3,24) lebih dari tkritis untuk 2,00 dengan derajad kebebasan 58 dan taraf sigifikansi 5%, yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik dari kontrol. Pada analisis miskonsepsi kelas eksperimen yang semula terdapat kategori miskonsepsi tingkat 1 sebesar 0,66% menjadi 0%, dan kategori memahami dari 38% menjadi 74%. Sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori baik dan rata-rata tiap aspek berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode investigasi dapat memberikan penguatan konsep laruatn penyangga sehingga dapat meminimalisasi miskonsepsi dan berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa yaitu dengan kategori baik dengan rata-rata tiap aspek dalam kategori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: buffer solution methods of investigation misconceptions
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:05
Last Modified: 25 Nov 2022 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53501

Actions (login required)

View Item View Item