PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK KETERAMPILAN PROSES SAINS


Endang Susilaningsih, - (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK KETERAMPILAN PROSES SAINS. Chemistry in Education, 4 (1). pp. 54-60. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 4714-Article Text-10746-1-10-20150430.pdf] PDF
Download (786kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS) terintegrasi guided inquiry untuk keterampilan proses sains siswa yang layak, efektif, praktis dan mendapat respon positif dari penggunanya. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Desain ini menggunakan Three­D Models yaitu Define, Design, and Develop. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa LKPS memperoleh skor rerata validasi sebesar 76 sehinga dinyatakan layak secara teoretis. LKPS dinyatakan efektif karena 28 siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada hasil tes dan keterampilan proses sainsnya mendapat predikat baik. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa LKPS dinyatakan praktis dan mendapat respon baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPS terintegrasi guided inquiry untuk keterampilan proses sains dinyatakan layak, efektif, praktis dan mendapat respon positif dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing Keterampilan Proses Sains Lembar Kerja Praktikum Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:08
Last Modified: 24 Nov 2022 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53477

Actions (login required)

View Item View Item