PRARANCANGAN SEPARATOR PABRIK FURFURAL DARI AMPAS TEBU DENGAN PROSES CLOSED-LOOP KAPASITAS 3.500 TON/TAHUN


Nahdatul Auliah, 5213417033 (2021) PRARANCANGAN SEPARATOR PABRIK FURFURAL DARI AMPAS TEBU DENGAN PROSES CLOSED-LOOP KAPASITAS 3.500 TON/TAHUN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PRARANCANGAN SEPARATOR PABRIK  FURFURAL DARI AMPAS TEBU DENGAN PROSES  CLOSED-LOOP KAPASITAS 3.500 TON/TAHUN] PDF (PRARANCANGAN SEPARATOR PABRIK FURFURAL DARI AMPAS TEBU DENGAN PROSES CLOSED-LOOP KAPASITAS 3.500 TON/TAHUN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Furfural adalah senyawa aldehida heterosiklik dengan rumus kimia C5H4O2 dan memiliki banyak manfaat seperti bahan baku senyawa turunan furfural, pembuatan minyak pelumas, pelarut dalam industri minyak bumi, karet sintetis, dan industri cat. Furfural dibentuk dari bahan baku ampas tebu dengan bantuan katalis asam sulfat. Reaksi pembentukan furfural berlangsung dalam Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB) pada suhu 160oC dan tekanan 2 atm. Konversi pembentukan furfural sebesar 74% dengan perbandingan ampas tebu dan asam sulfat masuk reaktor sebesar 1 : 4 % berat. Pemisahan slurry keluaran reaktor 1 diperlukan alat pemisahan yang tepat yaitu separator tipe filter press. Separator tipe Filter press memiliki prinsip kerja yaitu suspensi masuk pada bagian kepala melalui saluran yang terbentuk oleh lubang - lubang di bagian atas plat. Ruang ini ditutup dan dikencangkan oleh sekrup atau ram hidrolik yang memaksa pelat-pelat dan bingkai bersama-sama, membuat sambungan gasket dari kain saring. Slurry dipaksa masuk ke dalam chamber ini, yang didesain sedemikian rupa sehingga filtrat tidak dapat keluar dari filter press kecuali dengan melewati media filter. Filter Press digunakan jenis Plate and Frame dengan bahan yang digunakan jenis cast iron. Hasil desain separator tipe Filter Press memiliki kecepatan volumetric 26,4774 m3 /jam, ukuran Plate 750 mm, jumlah plate sebanyak 125 buah, tebal cake 200 mm, dan luas area filter 66,1935 m2 .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Furfural, Ampas Tebu, Separator Filter Press
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:10
Last Modified: 24 Nov 2022 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53464

Actions (login required)

View Item View Item