(ABSTRAK) TELAAH BUKU AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII DALAM KERANGKA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KOTA SEMARANG
Ika Fatmaningrum , 3401403016 (2010) (ABSTRAK) TELAAH BUKU AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII DALAM KERANGKA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) TELAAH BUKU AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII DALAM KERANGKA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (69kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Kontekstual ( CTL ) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari - hari . Latar belakang masalah yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah Telaah Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Dalam Kerangka Pembelajaran Kontekstual Di Kota Semarang. Tujuan skripsi ini adalah ingin menemukan Telaah Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Dalam Kerangka Pembelajaran Kontektual Di Kota Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini berbentuk Penelitian Deskriptif yang bersifat ekploratif. Data yang diperoleh dari ceklist, dokomentasi akan dianalisa oleh peneliti berdasarkan studi pustaka ( landasan teori ). Cara menganalisa data dengan memberi kode pada jawaban. Setelah data terkumpul kemudian diprosentasekan sesuai dengan indikator penelitian. Jenis tehnik yang digunakan adalah tehnik random sampling . Variabel adalah telaah buku ajar pendidikan kewarganegaraan kelas VI, metode pengumpulan data meliputi ceklist, dokumentasi , analisis data yang digunakan deskriptif presentase. Tehnik analisis menunjukkan bahwa telaah buku ajar pendidikan kewarganegaraan kelas VII dalam presentase adalah untuk jawaban yang didapat sebanyak 56,7% siswa yang memiliki suatu kemampuan untuk belajar lebih baik lagi. Dengan alasan supaya tidak lupa tetapi ada sebagian siswa sebanyak 55% kemapuan kognitif tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya latihan. Untuk itu belajar secara teratur akan menigkatkan kognitif yang dimiliki seseorang, hal ini ditunjukkan sebanyak 53,4% ada yang menyatakan setuju apabila harus belajar namun sebagian jumlah ada 46,6% siswa. Kesimpulan berisi dari hasil penelitian, yaitu Telaah Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII hanya sebesar 55% saja dengan perbandingan nilai yang didapat dari analisa sebesar 70% (faktor konstruktivisme). Disarankan kepada orang tua agar lebih memberikan perhatian, dorongan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan serta dapat memberi masukan kepada guru dalam menelaah buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan. Selain itu guru di sekolah juga harus berusaha terhadap siswa di sekolah, agar dapat mencapai penyesuaian diri dan perkembangan serta dapat memperoleh hasil yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | telaah buku, model pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2011 03:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2011 03:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5346 |
Actions (login required)
View Item |