PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK TWO-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI
Endang Susilaningsih, - (2018) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK TWO-TIER MULTIPLE CHOICE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI. Chemistry in Education, 7 (2). pp. 29-33. ISSN 2252-6609
PDF
Download (425kB) |
Abstract
Pemahaman konseptual merupakan pemahaman tentang hal-hal yang berhubungan dengan konsep, yaitu arti, sifat dan uraian suatu konsep dan juga kemampuan dalam menjelaskan teks, diagram, dan fenomena yang melibatkan konsep pokok yang bersifat abstrak dan teori-teori dasar sains. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik two-tier untuk analisis peta pemahaman siswa SMA/MA pada materi buffer dan hidrolisis serta menguji kelayakan instrumen ditinjau dari parameter pengembangan instrumen hasil belajar, yaitu validitas dan realibilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan instrumen tes metode 4D, terdiri atas tahapan define, design, develop, and dissemination. Namun dimodifikasi hanya sampai tahapan develop. Metode pengambilan data yang dilakukan yaitu metode wawancara, angket tanggapan, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil rekapitulasi analisis profil pemahamanan tiap siswa pada keseluruhan 22 butir soal tes diagnostik two tier multiple choice menunjukkan profil terjadi miskonsepsi sebesar 3,60%. Di temukan miskonsepsi tertinggi pada sub materi sifat keasaman hidrolisis garam berasal dari reaksi kesetimbangan antara asam/basa lemah dan air. Instrumen tes diagnostik two tier multiple choice yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dan reliabel. Validitas ahli mengenai kelayakan instrumen dengan skor 34,6 dari jumlah skor total 44 dan soal yang valid berjumlah 22 soal two tier multiple choice. Berdasarkan hasil penelitian instrumen tes diagnostik yang dikembangkan layak, praktis dan efektif untuk analisis pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | miskonsepsi; tes diagnostik; two-tier multiple choice. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 04:11 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 04:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53452 |
Actions (login required)
View Item |