ANALISIS MISKONSEPSI ASAM BASA MENGGUNAKAN INSTRUMEN MULTIREPRESENTASI DIAGNOSTIC TEST BERBASIS WEB


Endang Susilaningsih, - (2020) ANALISIS MISKONSEPSI ASAM BASA MENGGUNAKAN INSTRUMEN MULTIREPRESENTASI DIAGNOSTIC TEST BERBASIS WEB. Chemistry in Education, 9 (1). pp. 1-7. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 39665-Article Text-108930-1-10-20201023.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of 39665-Article Text-108930-1-10-20201023.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa dan faktor penyebabnya dengan instrumen four tier multiple choice diagnostic terintegrasi multiplerepresentasi menggunakan formulir google, dan respon siswa terhadap instrumen tes. Metode penelitian ini yakni mixed method. Desain penelitian ini squential explanatory design. Metode pengumpulan data kuantitatif dengan metode tes dan angket. Metode pengumpulan data kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi. Koefisien reliabilitas soal diperoleh dari analisis data hasil tes sebesar 0,848 dengan kriteria reliable. Profil miskonsepsi siswa yang diperoleh dari analisis hasil tes four tier multiple choice menunjukkan: miskonsepsi makroskopik 44,59%, miskonsepsi mikroskopik 61,26%, dan miskonsepsi simbolik 31,08%. Faktor-faktor penyebab miskonsepsi diperoleh dari analisis data tes four tier multiple choice dan wawancara, diperoleh hasil faktor eksternal yaitu situasi kelas yang kurang kondusif saat proses pembelajaran dan cara mengajar guru. Faktor internal yaitu kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran kimia, cara belajar siswa yang kurang benar, kurangnya keberanian siswa untuk bertanya, mood siswa yang kurang mendukung saat pembelajaran, siswa yang mudah melupakan konsep yang telah diajarkan dan kemampuan yang kurang dalam menghubungkan konsep. Koefisien reliabilitas angket sebesar 0,856 dengan kriteria reliable.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran; Four Tier multiple choice; Miskonsepsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:42
Last Modified: 24 Nov 2022 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53443

Actions (login required)

View Item View Item