PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS WEB PADA KETERAMPILAN PRESENTASI PROYEK MATERI MINYAK BUMI


Endang Susilaningsih, - (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS WEB PADA KETERAMPILAN PRESENTASI PROYEK MATERI MINYAK BUMI. Chemistry in Education, 9 (1). pp. 1-8. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 38668-Article Text-108908-1-10-20201023.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Penilaian keterampilan wajib dilaksanakan agar peserta didik memiliki skill untuk mengejawantahkan pengetahuan yang telah didapatkan. Penilaian keterampilan perlu dilakukan secara autentik dengan menggunakan instrumen yang objektif. Namun, instrumen untuk melakukan penilaian secara objektif belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun instrumen penilaian keterampilan presentasi proyek berbasis web pada materi minyak bumi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Tahap define dilakukan untuk analisis kebutuhan. Tahap design dilakukan dengan mendesain instrumen penilaian keterampilan presentasi poster berbasis web. Tahap develop dilakukan dengan melakukan uji coba skala kecil, uji coba skala besar, dan implementasi. Tahap disseminate dilakukan dengan publikasi artikel. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif dengan inter rater reliability. Penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa instrumen penilaian yang disusun dinyatakan valid dengan skor 20 dari skor total 24. Instrumen penilaian dinyatakan reliabel dengan reliabilitas 0,822 pada uji coba skala kecil, 0,876 pada uji coba skala besar, dan 0,895 pada tahap implementasi. Secara keseluruhan, peserta didik yang memiliki keterampilan presentasi sangat baik sebanyak 10%, baik sebanyak 75%, cukup baik sebanyak 15%, dan kurang baik sebanyak 0%. Dapat disimpulkan bahwa instrumen ini valid, reliabel, praktis, dan mendapat tanggapan positif dari user.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian keterampilan; pembelajaran berbasis proyek; presentasi proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:28
Last Modified: 24 Nov 2022 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53441

Actions (login required)

View Item View Item