DESAIN E-SUPPLEMENT SEBAGAI BAHAN AJAR MULTIREPRESENTASI ASAM BASA BERBASIS BLENDED LEARNING


Endang Susilaningsih, - (2020) DESAIN E-SUPPLEMENT SEBAGAI BAHAN AJAR MULTIREPRESENTASI ASAM BASA BERBASIS BLENDED LEARNING. Chemistry in Education, 9 (2). pp. 1-8. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 39078-Article Text-111211-1-10-20201123.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Ilmu kimia memiliki konsep-konsep yang kompleks dan fenomena-fenomena yang abstrak serta tidak teramati, sehingga sulit dipahami, perlu media untuk mempermudah pemahamannya.Penelitian ini bertujuan untuk mendesain e�supplement multirepresentasi asam basa yang teruji dan menganalisis tanggapan siswa terhadap e­supplement produk pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi. Modifikasi terletak pada penjabaran tahap design menjadi tahap uji coba kecil, uji coba besar, dan implementasi. Instrumen pengumpul data meliputi lembar validasi isi dan lembar validasi media untuk analisis kelayakan e-supplement dan lembar angket untuk analisis tanggapan siswa terhadap e­supplement. Hasil validasi kelayakan materi dan media berturut-turut mendapat rerata skor 63,5/68 dengan kategori sangat layak dan 71/80 dengan kategori sangat layak. E­supplement yang dikembangkan mendapatkan tanggapan positif dengan proporsi 36 dari 101 siswa (35,64%) memberi tanggapan sangat baik, 60 dari 101 siswa (59,41%) memberi tanggapan baik, dan 5 dari 101 siswa (4,95%) memberi tanggapan cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian, e-supplement asam basa multirepresentasi berbasis blended learning yang dikembangkan layak dan mendapatkan tanggapan positif dari siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: blended learning; e­supplement; multirepresentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:21
Last Modified: 24 Nov 2022 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53440

Actions (login required)

View Item View Item