DESAIN INSTRUMEN TES PEMAHAMAN KONSEP BERBASIS HOT DENGAN ANALISIS MODEL RASCH


Endang Susilaningsih, - (2020) DESAIN INSTRUMEN TES PEMAHAMAN KONSEP BERBASIS HOT DENGAN ANALISIS MODEL RASCH. Chemistry in Education, 9 (2). pp. 1-8. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 39068-Article Text-111209-1-10-20201123.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Siswa harus memiliki pemahaman konsep yang tinggi untuk memenuhi tuntutan keterampilan abad-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik two­tier multiple choice yang berbasis Higher Order Thinking (HOT) untuk menganalisis profil pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dengan desain model 4D yang meliputi tahap Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Bae Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, serta angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis model klasik dan IRT model Rasch. Analisis model klasik untuk estimasi validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran butir, dan estimasi reliabilitas soal. Analisis model Rasch untuk estimasi separation item reability, item fit, peta wright, item measure, person fit, person measure dan deteksi adanya butir soal yang bias. Instrumen tes yang digunakan telah teruji validitas isi, validitas butir, dan reliabilitas soal secara keseluruhan. Profil pemahaman konsep siswa pada Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dengan kriteria paham konsep sebesar 55%, miskonsepsi positif sebesar 10%, miskonsepsi negatif sebesar 17%, dan tidak paham konsep sebesar 18%. Guru dan siswa memberikan respon yang positif terhadap instrumen tes ini. Dibuktikan dengan hasil rekapitulasi angket tanggapan siswa yaitu sebanyak 97% siswa memberikan tanggapan positif terhadap instrumen tes yang dikembangkan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: HOT; Instrumen Tes Diagnostik Two­Tier Multiple Choice; Larutan Elektrolit dan Non�Elektrolit; Pemahaman Konsep; Rasch Model.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:58
Last Modified: 24 Nov 2022 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53432

Actions (login required)

View Item View Item