PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI HIDROLISIS


Endang Susilaningsih, - (2021) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI HIDROLISIS. Chemistry in Education, 10 (1). pp. 8-14. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 39953-Article Text-126399-1-10-20210427.pdf] PDF
Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar berpendekatan saintifik dan menerapkannya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi hidrolisis. Metode penelitian ini mengacu model ADDIE dengan tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data kelayakan suplemen bahan ajar dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli media dan dari hasil tanggapan peserta didik dan guru. Keefektifan kemampuan pemecahan masalah dilakukan dengan uji ketuntasan klasikal dan uji N–Gain pada tahap implementasi, dan analisis tanggapan peserta didik dan guru dilakukan secara deskriptif. Hasil validasi ahli materi dan media berturut–turut mendapat skor 34/40 dan 36/40 dengan kategori sangat layak. Hasil ketuntasan klasikal sebesar 77,78% dan rerata hasil uji N–Gain sebesar 0.66 dengan kategori ”sedang”. Hasil tanggapan terhadap suplemen bahan ajar berpendekatan saintifik mendapatkan respon positif dengan proporsi 32/128 peserta didik memberi tanggapan sangat baik, 72/128 peserta didik memberi tanggapan baik dan 24/128 peserta didik memberi tanggapan cukup baik. Dan hasil tanggapan guru mendapatkan tanggapan positif dengan memperoleh rerata skor 38,5/48 dengan kategori baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Suplemen bahan ajar, Pendekatan Saintifik, Pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:27
Last Modified: 24 Nov 2022 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53424

Actions (login required)

View Item View Item