Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Disiplin Tata Tertib Sekolah pada Siswa SMA


Ariska Triastutik, - and Anwar Sutoyo, FIP Bimbingan Konseling (2020) Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Disiplin Tata Tertib Sekolah pada Siswa SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9 (1). ISSN 2252-6374

[thumbnail of Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Disiplin Tata Tertib.pdf] PDF - Published Version
Download (259kB)

Abstract

Banyaknya perilaku ketidakdisiplinan dikalangan siswa menjadikan perilaku ketidakdisiplinan penting untuk dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini ber�tujuan untuk mengidentifikasi hubungan kontrol diri dengan perilaku disi�plin tata tertib sekolah pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ex post facto. Alat pengumpul data menggunakan skala psikologi perilaku disiplin dengan tingkat signifikansi antara 0,000-0,038, reliabitas alpha 0,929, dan skala kontrol diri dengan tingkat signifikansi antara 0,000-0,030, reliabitas alpha 0,924. Sampel yang terlibat 135 siswa dari populasi 214 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa tingkat perilaku disi�plin tata tertib sekolah maupun kontrol diri berada pada kategori sedang (M= 124,44 SD= 20,995; M= 118,65 SD= 11,472), begitu pula hubungan kontrol diri dengan perilaku disiplin tata tertib sekolah pada siswa SMA memiliki hubun�gan yang signifikan (r= 0.668, p <0,001). Berdasarkan hasil tersebut, maka guru BK diharapkan dapat meningkatkan kontrol diri siswa dengan harapan agar siswa dapat berperilaku sesuai dengan tata tertib yang berlaku di lingkungan sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Perilaku Disiplin, Tata Tertib,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:18
Last Modified: 24 Nov 2022 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53422

Actions (login required)

View Item View Item