Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen berdasarkan Pengalaman Orang Lain dengan Metode Sugesti Imajinasi Melalui Media Lagu Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak Tahun Ajaran 2010/2011


Anita Puspitasari , 2101407151 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen berdasarkan Pengalaman Orang Lain dengan Metode Sugesti Imajinasi Melalui Media Lagu Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen berdasarkan Pengalaman Orang Lain dengan Metode Sugesti Imajinasi Melalui Media Lagu Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen berdasarkan Pengalaman Orang Lain dengan Metode Sugesti Imajinasi Melalui Media Lagu Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan keterampilan menulis cerpen memerlukan perhatian yang khusus karena dalam keterampilan ini siswa dilatih menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Selain itu juga melatih siswa untuk meningkatkan imajinasinya. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa kondisi keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak belum maksimal. Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pembelajaran menulis cerpen disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya ide dari siswa yang akan dituangkan dalam cerpen. Guru juga kurang kreatif dalam memilih metode dan teknik yang tepat dalam mengajarkan keterampilan menulis cerpen sehingga siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran menulis cerpen. Dengan metode sugesti imajinasi dalam pembelajaran menulis cerpen dapat memudahkan siswa dalam menuangkan idenya. Berdasarkan paparan di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, meliputi (1) seberapa besar peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu pada siswa kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen setelah diterapkan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu pada siswa kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu pada siswa kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen setelah diterapkan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu pada siswa kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadyah 1 Demak yang terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh instrumen tes dan nontes. Siklus I yang dilaksanakan belum mencapai hasil yang diharapkan, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes menulis cerpen. Berdasarkan hasil tes siklus I, ratarata kelas mencapai nilai 67,34 atau termasuk dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II, rata-rata kelas menunjukkan nilai sebesar 77,77 atau termasuk dalam kategori baik. Dari pencapaian nilai rata-rata kelas siklus I dan siklus II ini diperoleh peningkatan sebesar 10,43. Berdasarkan hasil nontes diperoleh perubahan perilaku siswa dari arah negatif ke arah positif. Siswa menjadi semangat, antusias, dan senang terhadap pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan metode sugesti imajinasi melalui media lagu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya dapat menggunakan metode sugesti imajinasi melalui media lagu dalam pembelajaran menulis cerpen, karena metode sugsti imajinasi melalui media lagu dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen dan bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian yang serupa dengan media atau teknik yang berbeda

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, cerita pendek, pengalaman orang lain, metode sugesti imajinasi, media lagu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:06
Last Modified: 25 Apr 2015 05:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item View Item