PENGARUH PEMBERIAN TUGAS, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 Universitas Negeri Semarang)


Aprilisa Galuh Sylvia, 7101417231 (2021) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBERIAN TUGAS, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 Universitas Negeri Semarang)] PDF (PENGARUH PEMBERIAN TUGAS, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas belajar sangat dibutuhkan apalagi saat ini sedang diterapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) namun berdasarkan hasil obeservasi awal diperoleh hasil bahwa kreativitas belajar mahasiswa hanya sebesar 50,5% dimana masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen yaitu pemberian tugas, kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap variabel dependen yaitu kreativitas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ialah Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 di Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan Nonprobability sampling dengan sampel jenuh yang berjumlah 109 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket atau kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS v25. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa secara bersamasama terdapat pengaruh signifikan pemberian tugas, kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap kreativitas belajarebesar 65,3% pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 Universitas Negeri Semarang. Sedangkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa pemberian tugas dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas belajar sebesar 19,7% dan 6,7%. Akan tetapi pada variabel kedisiplinan belajar menunjukkan hasil berpengaruh positif sebesr 1,1% tetapi tidak signifikan terhadap kreativitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan adalah dengan meningkatkan kemandirian dalam perencanaan pembelajaran seperti mempelajari materi pada pertemuan yang akan datang, menyiapkan pertanyaan terkait materi yang belum dipahami. Mahasiswa harus memperbanyak latihan mengerjakan soal melalui pemberian tugas dari dosen agar mahasiswa terlatih dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Pemberian Tugas, Kemandirian Belajar, Kedisiplinan Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:19
Last Modified: 23 Nov 2022 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53369

Actions (login required)

View Item View Item