Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor


Sulhadi, - (2015) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Indonesian Journal of Applied Physics, 5 (2). pp. 57-64. ISSN 2089 - 0133

[thumbnail of Salinan 2015_IJAP-Fatwa Aji dkk - sulhadi pati.pdf] PDF
Download (424kB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan 4D dengan menghilangkan tahap penyebaran. Validasi produk pengembangan dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi fisika, sedangkan uji coba skala kecil dilakukan oleh guru fisika dan 10 siswa. Hasil review validator menyatakan bahwa kualitas produk pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata prosentase penilaian sebesar 83,93%. Prosentase nilai yang diberikan oleh ahli media sebesar 75% berada pada ketegori baik dan prosentase nilai yang diberikan oleh ahli materi sebesar 92,85% berada pada kategori sangat baik. Uji coba oleh guru fisika memperoleh hasil sebesar 94,44% berada pada kategori sangat baik dan rerata prosentase hasil uji coba oleh siswa sebesar 90,5% berada pada kategori sangat baik. Karakteristik produk yang dikembangkan ini antara lain susunan materi menggunakan kurikulum 2013, terdapat fasilitas perekam aktifitas dan hasil evaluasi siswa, ada umpan balik hasil evaluasi yang langsung diketahui oleh siswa dan ada beberapa link yang terkait dengan materi baik berupa youtube ataupun website pembelajaran lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penelitian dan pengembangan, website, suhu dan kalor.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:30
Last Modified: 23 Nov 2022 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53365

Actions (login required)

View Item View Item