Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor
Sulhadi, - (2015) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Indonesian Journal of Applied Physics, 5 (2). pp. 57-64. ISSN 2089 - 0133
PDF
Download (424kB) |
Abstract
Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis web pada mata pelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan 4D dengan menghilangkan tahap penyebaran. Validasi produk pengembangan dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi fisika, sedangkan uji coba skala kecil dilakukan oleh guru fisika dan 10 siswa. Hasil review validator menyatakan bahwa kualitas produk pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata prosentase penilaian sebesar 83,93%. Prosentase nilai yang diberikan oleh ahli media sebesar 75% berada pada ketegori baik dan prosentase nilai yang diberikan oleh ahli materi sebesar 92,85% berada pada kategori sangat baik. Uji coba oleh guru fisika memperoleh hasil sebesar 94,44% berada pada kategori sangat baik dan rerata prosentase hasil uji coba oleh siswa sebesar 90,5% berada pada kategori sangat baik. Karakteristik produk yang dikembangkan ini antara lain susunan materi menggunakan kurikulum 2013, terdapat fasilitas perekam aktifitas dan hasil evaluasi siswa, ada umpan balik hasil evaluasi yang langsung diketahui oleh siswa dan ada beberapa link yang terkait dengan materi baik berupa youtube ataupun website pembelajaran lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian dan pengembangan, website, suhu dan kalor. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 02:30 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 02:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53365 |
Actions (login required)
View Item |