DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) MENURUT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR


Putri Bintang Kusuma Sari, 7111417136 (2021) DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) MENURUT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) MENURUT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR] PDF (DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) MENURUT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan merupakan sebuah proses perubahan kearah yang lebih baik. Pembangunan sebaiknya mengarah kepada manusia sebagai tujuan akhir pembangunan. Pembangunan manusia di Provinsi Jawa Timur masih kurang maksimal dan belum merata, dilihat dari capaian IPM Jawa Timur yang masih berada dibawah capaian IPM Pulau Jawa bahkan Nasional. Selain itu capaian IPM Jawa Timur menjadi yang paling rendah dibandingkan dengan Provinsi lain di Pulau Jawa. Apabila dilihat dari capaian IPM antar daerah di Provinsi Jawa Timur masih mengalami ketimpangan IPM antar kabupaten/kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Penelitian ini menggunakan gabungan antara data time series yaitu dari tahun 2015-2019 dan cross section 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Variabel yang digunakan adalah dependency ratio, tingkat pengangguran terbuka, gini rasio dan belanja daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model estimasi regresi data panel yang sesuai adalah Fixed Effect Model (FEM) yang menunjukkan nilai adjusted R² sebesar 0.9896. Variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap IPM adalah dependency ratio (X1) dengan koefisien regresi sebesar -3.333988, tingkat pengangguran terbuka (X2) dengan koefisien regresi sebesar -0.117510 dan belanja daerah (X4) dengan koefisien regresi 4.570. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu: perlu dilakukan upaya penekanan rasio ketergantungan penduduk melalui peningkatan program pemberdayaan bagi lansia dan pelatihan keterampilan bagi masyarakat. Selain itu upaya pemerataan pembangunan fasilitas umum dan penetapan prioritas anggaran belanja daerah juga perlu ditingkatkan untuk mewujudkan kesejahteraan yang merata bagi masyarakat di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPM, Dependency Ratio, Pengangguran, Gini Rasio, Belanja Daerah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:47
Last Modified: 23 Nov 2022 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53347

Actions (login required)

View Item View Item