POTENSI FISKAL DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP PEREKONOMIAN KALIMANTAN TAHUN 2016 – 2020


Etma Puji Setyowati, 7111417122 (2021) POTENSI FISKAL DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP PEREKONOMIAN KALIMANTAN TAHUN 2016 – 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POTENSI FISKAL DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP PEREKONOMIAN KALIMANTAN TAHUN 2016 – 2020] PDF (POTENSI FISKAL DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP PEREKONOMIAN KALIMANTAN TAHUN 2016 – 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan nasional tidak lepas dari peran pemerintah daerah dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia baik berupa potensi fiskal dan pembangunan manusia sebagai upaya meningkatkan perekonomian suatu daerah. Potensi fiskal merupakan komponen pendapatan daerah yang terdiri dari PAD, dana perimbangan, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi perekonomian Kalimantan pada periode penelitian yang relatif fluktuatif serta potensi fiskal berupa PAD realisasinya masih relatif rendah dibandingkan dengan dana transfer pusat berupa dana perimbangan serta pendapatan daerah selain PAD dan dana perimbangan yaitu lain-lain pendapatan daerah yang sah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potensi fiskal dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap perekonomian di Kalimantan pada tahun 2016-2020. Data yang digunakan yaitu data sekunder dengan menggunakan analisis linier berganda. Penelitian ini menggunakan gabungan data antara data time series yaitu tahun 2016-2020 dan data cross section yaitu terdiri dari 56 kabupaten/kota di Kalimantan. Variabel dependen yang digunakan adalah PDRB, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah potensi fiskal berupa PAD, dana perimbangan, lain-lain pendapatan daerah yang sah, serta Indeks Pembangunan Manusia. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa potensi fiskal berupa Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Lain-lain pendapatan daerah yang sah serta Indeks Pembangunan Manusia mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perekonomian Kalimantan tahun 2016-2020. Saran yang diberikan yaitu pemerintah perlu membimbing daerah-daerah tertinggal dalam menggali potensi fiskal yang ada dengan optimal dan diharapan kabupaten/kota di Kalimantan menjadi daerah dengan perekonomian tinggi serta mengurangi ketergantungan terhadap pusat dan meningkatkan perekonomian kabupaten/kota di Kalimantan dengan harapan akan berdampak juga pada pembangunan nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Potensi Fiskal , Indeks Pembangunan Manusia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:34
Last Modified: 22 Nov 2022 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53331

Actions (login required)

View Item View Item