IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IoT) PADA ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS KENDALI PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE (PID)


Gangsar Fadhil Muhammad, .5212416015 (2021) IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IoT) PADA ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS KENDALI PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE (PID). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IoT) PADA  ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS KENDALI  PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE (PID)] PDF (IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IoT) PADA ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS KENDALI PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE (PID)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini industri di Indoensia masih banyak aktivitas pemindahan barang oleh manusia dan sedikit yang mennggunakan robot sebagai alat bantu. Aktivitas pemindahan barang oleh manusia memiliki beberapa resiko, diantaranya adalah tingginya kecelakaan kerja, biaya pengeluaran yang besar dan efisiensi produksi yang rendah. Robot yang bergerak secara otomatis dapat meminimalisir resiko tersebut. Robot line follower merupakan robot yang bergerak secara otomatis yang dapat diterapkan sebagai pemindah barang pada industri. Dengan adanya IoT pada robot line follower memudahkan pengguna untuk monitoring aktivitas pada gudang dan pengendalian jarak jauh. Perancangan ini dilakukan dengan membuat rancangan desain robot, desain graphical user interface(GUI), dan algoritma yang digunakan pada robot. Desain robot dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian mekanik dan bagian elektronik. GUI merupakan tampilan antarmuka dengan gambar. Algoritma sistem kendali dibagi menjadi dua macam, yaitu mode non-autonomous dan mode autonomous. Tahapan setelah membuat desain adalah mewujudkan desain dalam bentuk nyata. Robot tersebut sudah dapat diinjeksikan algoritma yang sudah dibuat dalam bentuk program code. Code tersebut diinjeksikan dalam microcontroller arduino uno dan nodeMCU. Apabila program tersebut berjalan sesuai dengan yang diinginkan, maka didapatkan data pengujian untuk mode non-autonomous dan autonomous. Pengujian mode non-autonomous dilakukan untuk mendapatkan kecepatan laju, kecepatan putar, dan delay sinyal yang bisa dicapai oleh robot. Sedangkan pengujian mode autonomous dilakukan untuk mendapatkan nilai konstanta PID yang tepat pada robot line follower.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: GUI, IoT, PID, Line Follower
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:31
Last Modified: 22 Nov 2022 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53329

Actions (login required)

View Item View Item