SIMULASI KARAKTERISTIK CYCLONE PADA SPRAY DRYER BERDASARKAN TEKNIK KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA


Faisal Rafif Abhirama, 5211417045 (2021) SIMULASI KARAKTERISTIK CYCLONE PADA SPRAY DRYER BERDASARKAN TEKNIK KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of SIMULASI KARAKTERISTIK CYCLONE PADA  SPRAY DRYER BERDASARKAN TEKNIK  KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA] PDF (SIMULASI KARAKTERISTIK CYCLONE PADA SPRAY DRYER BERDASARKAN TEKNIK KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Spray dryer adalah proses yang mengubah bahan baku cair menjadi partikel kering dengan cara menyemprotkan larutan ke dalam media pengering panas pengering semprot yang beroperasi dengan ruang pengering bertekanan rendah yang akibatnya mengurangi peningkatan gaya penggerak termodinamika untuk pembuangan air dan memungkinkan pengeringan pada suhu yang berkurang secara signifikan. Cyclone merupakan salah satu komponen alat kontrol partikulat pada spray dryer yang menggunakan gaya sentrifugal untuk memisahkan partikel dari aliran udara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik cyclone pada spray dryer untuk menganalisa pengaruh temperatur inlet dan kecepatan inlet fluida pada proses pemisahan partikel. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre�eksperimental dengan metode simulasi komputasi dinamika fluida dengan bantuan software Ansys Fluent 2020 R1untuk mendapatkan nilai temperatur outlet, kecepatan outlet, gambar contour dan gambar pathline dari variasi temperatur inlet dan kecepatan inlet. Hasil penelitian analisis komputasi dinamika fluida pada komponen cyclone yang berupa temperatur outlet dan kecepatan outlet menunjukkan semakin besar temperatur inlet maka semakin besar pula temperatur outlet. Pada kecepatan yang lebih rendah, nilai temperatur outlet lebih kecil. Pada kecepatan lebih tinggi, nilai temperatur lebih tinggi. Semakin besar kecepatan inlet maka semakin besar pula kecepatan outlet yang dihasilkan meskipun dengan temperatur yang berbeda-beda. Hasilnya temperatur inlet dan kecepatan inlet yang paling optimal dan efisien dalam melakukan pemisahan partikel adalah temperatur inlet sebesar 95°C dengan kecepatan inlet 2,46 m/s dan menghasilkan nilai temperatur outlet sebesar 47,3 °C dengan kecepatan outlet 0,49 m/s.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Spray dryer, Cyclone, Pemisahan Partikel, Komputasi Dinamika Fluida
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:41
Last Modified: 22 Nov 2022 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53316

Actions (login required)

View Item View Item