ANALISIS DETERMINAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA CHINA PERIODE 1980-2020


Siti Rofiqoh, 7111417095 (2021) ANALISIS DETERMINAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA CHINA PERIODE 1980-2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS DETERMINAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA CHINA PERIODE 1980-2020] PDF (ANALISIS DETERMINAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI NEGARA CHINA PERIODE 1980-2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator untuk melihat perekonomian suatu negara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perekonomian China yang setiap tahunnya mengalami kenaikan dan menjadi salah satu negara maju di dunia, dibandingkan dengan negara-negara di Benua Asia menurut data di World Bank dan website resmi China. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis determinan pertumbuhan ekonomi di Negara China periode 1980-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ordinary least Square (OLS). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data time series Negara China dari tahun 1980-2020. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertumbuhan ekonomi, sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat pengangguran, kontribusi industri, tingkat ekspor dan inflasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengangguran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, kontribusi industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, tingkat ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan oleh peneliti yaitu pemerintah harus menyiapkan lapangan pekerjaan untuk angkatan kerja yang masih bersekolah serta meningkatkan kualitas angkatan kerja yang ada. Memaksimalkan hasil dari sektor industri harus didukung oleh kebijakan dari pemerintah dari mulai penyedian bahan baku serta fasilitas yang memadai agar produksi barang dan jasa bisa dimaksimalkan. Selain itu perijinan dari pemerintah sangat diperlukan untuk meningkatkan ekspor yang ada. Selain itu perlu mengontrol agar permintaan dan penawaran barang dan jasa seimbang agar inflasi tidak naik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Pekerja, Kontribusi Industri, Tingkat Ekspor, Inflasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Nov 2022 05:10
Last Modified: 22 Nov 2022 05:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53310

Actions (login required)

View Item View Item