PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN EFISIENSI TURBIN AIR CROSS-FLOW BERSUDU 20 BUAH


Bacharudin Yusuf Mujiyanto, 5211417035 (2021) PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN EFISIENSI TURBIN AIR CROSS-FLOW BERSUDU 20 BUAH. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN EFISIENSI TURBIN AIR CROSS-FLOW BERSUDU 20 BUAH] PDF (PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN EFISIENSI TURBIN AIR CROSS-FLOW BERSUDU 20 BUAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui daya yang dapat dihasilkan dari turbin mikrohidro jenis cross-flow dengan proses pengecoran logam setelah dilakukan pengujian, (b) Mengetahui torsi yang dapat dihasilkan dari turbin mikrohidro jenis cross-flow dengan proses pengecoran logam setelah dilakukan pengujian, (c) Mengetahui efisiensi yang dapat dihasilkan dari turbin mikrohidro jenis cross-flow dengan proses pengecoran logam setelah dilakukan pengujian, (d) Mengetahui kesesuaian pada hasil perhitungan dengan target daya yang diinginan setelah dilakukan pengujian terhadap turbin mikrohidro jenis cross-flow dengan proses pengecoran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental jenis True Experimental Design dengan pengujian secara langsung pada produk yang telah dibuat. Proses penelitian secara eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui nilai daya, torsi dan efisiensi suatu turbin mikrohidro jenis cross-flow. Prosedur yang digunakan pada penelitian ini yaitu: (a) studi literatur, (b) identifikasi permasalahan, (c) perhitungan ukuran turbin cross-flow, (d)pengujian performa, (e) hasil dan pembahasan, (f) kesimpulan dan saran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Hasil pengujian kecepatan putaran didapatkan nilai tersebsar sebesar 127,37 rpm. Hasil pengujian daya menghasilkan dua nilai daya, yaitu daya air dan daya turbin. nilai daya air maksimal dengan nilai 889,62 W, sedangkan daya turbin maksimal nilai 44,84 W. Hasil pengujian torsi maksimal dengan nilai 4,43 Nm. Hasil pengujian efisiensi menghasilkan nilai efisisensi paling baik dengan nilai 17,67%. Terdapat ketidaksesuaian hasil perhitungan dengan hasil pengujian disebabkan kondisi pengujian yang tidak dapat mencapai target perhitungan sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cross-flow, Daya, Torsi, Efisiensi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:52
Last Modified: 22 Nov 2022 04:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53309

Actions (login required)

View Item View Item