Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA Berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi
Subyantoro, - (2017) Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA Berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1). pp. 53-58. ISSN 2301-6744
PDF
Download (316kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik pada peserta didik kelas XI SMA berdasarkan tipe pemerolehan informasi, (2) mendeskripsi keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan model kreatif-produktif pada peserta didik kelas XI SMA berdasarkan tipe pemerolehan informasi, (3) menguji perbedaan keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik dan model kreatif-produktif pada peserta didik kelas XI SMA dalam interaksinya dengan tipe pemerolehan informasi. Desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan dua kelompok eksperimen. Sampel penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMA N 6 Semarang dan SMA XI SMA N 11 Semarang. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik lebih efektif pada peserta didik bertipe intuisi, (2) pembelajaran menulis cerpen dengan model kreatif-produktif lebih efektif pada peserta didik bertipe penginderaan, (3) pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik lebih efektif daripada model kreatif�produktif berdasarkan tipe pemerolehan informasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | short story text, synectics model, creative-productive model, sensing type, intuitive type |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 03:00 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 03:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53289 |
Actions (login required)
View Item |