PEMILIHAN JENIS AIRFOIL UNTUK UAV MOHINDER UNNES MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS


Yoga Gusda, .5211417023 (2021) PEMILIHAN JENIS AIRFOIL UNTUK UAV MOHINDER UNNES MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMILIHAN JENIS AIRFOIL UNTUK UAV MOHINDER UNNES MENGGUNAKAN METODE  ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS] PDF (PEMILIHAN JENIS AIRFOIL UNTUK UAV MOHINDER UNNES MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Unmanned Aerial VehiCle (UAV) adalah pesawat tanpa pilot onboard atau sering disebut dengan pesawat tanpa awak. UAV terdiri dari beberapa jenis dan fungsi mulai dari kepentingan militer hingga kepentingan sipil. UAV Mohinder UNNES merupakan salah satu UAV Fixed Wing yang berfungsi untuk melakukan pemetaan dan monitoring wilayah. Saat ini UAV Mohinder UNNES masih mengadopsi desain dari X�UAV talon yang diperkecil skalanya. Terdapatnya perbedaan dimensi dan daerah operasi Mohinder dengan X-UAV Talon maka dibutuhkan pemilihan airfoil (penampang sayap pesawat) yang sesuai dengan kebutuhan aerodinamik Mohinder. Pemilihan airfoil akan melibatkan lebih dari satu kriteria maka dibutuhkan metode pemilihan yang terstruktur dan sistematis, oleh karena itu pada pemilihan airfoil Mohinder akan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP adalah metode pemilihan yang menjabarkan tujuan menjadi beberapa kriteria dan alternatif lalu disusun menjadi sebuah hirarki. Pemilihan airfoil UAV Mohinder melibatkan 6 kriteria yaitu Camber, Max Thickness αstall, Max L/Dmax, CLmax, dan CL0, lalu alternatifnya terdiri dari 5 jenis airfoil yaitu AH 79-100 B, S1223 RTL, FX 63-120, dan EPPLER 395. Hasil penelitian menunjukan kriteria dengan bobot tertinggi adalah Cl/Cd max, sedangkan airfoil yang memiliki skor tertinggi adalah AH 79-100 B dengan nilai 30,8%. Airfoil AH 79-100B juga memiliki nilai Cl/Cd max dan Cl yang lebih tinggi di sudut serang -10° hingga 20° pada bilangan Reynolds 200.000 dibandingkan airfoil Mohinder saat ini yaitu MH-32.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemilihan, Mohinder, UAV, AHP, airfoil, kriteria , alternatif, aerodinamics
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:41
Last Modified: 22 Nov 2022 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53286

Actions (login required)

View Item View Item