PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN TURBIN AIR CROSSFLOW BERSUDU 24 BUAH TERHADAP EFISIENSI


Maulia Dwiani, 5211417018 (2021) PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN TURBIN AIR CROSSFLOW BERSUDU 24 BUAH TERHADAP EFISIENSI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN TURBIN AIR  CROSSFLOW BERSUDU 24 BUAH TERHADAP  EFISIENSI] PDF (PENGEMBANGAN DAN PENGUJIAN TURBIN AIR CROSSFLOW BERSUDU 24 BUAH TERHADAP EFISIENSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PLTMH dapat menjadi salah satu sumber listrik yang dapat dikembangkan, dengan potensi sekitar 450 MW. Menggunakan turbin air jenis crossflow, memiliki komponen utama runner berbentuk silinder yang dipasang sudu-sudu dengan efisiensi yang dapat mencapai 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan daya, torsi, dan efisiensi yang optimum, serta mendapatkan hasil pengujian yang sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan dengan sudu runner berjumlah 24 buah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melakukan pengujian pada turbin crossflow yang telah dibuat. Proses ini bertujuan untuk mengetahui performa dari tubrin crossflow seperti torsi, daya, dan efisiensi, selanjutnya hasil tersebut dibandingkan dengan hasil perhitungan untuk mengetahui kesesuaian hasil terhadap uji coba yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini yaitu daya air maksimum yang mampu didapatkan yaitu sebesar 886,9 Watt pada pengujian ketiga, daya turbin maksimum yang didapatkan yaitu sebesar 46,72 Watt pada pengujian ketiga dengan bukaan guide vane 50%. Hasil torsi paling tinggi yang mampu didapatkan yaitu 3,34 Nm pada pengujian kedua dan ketiga dengan bukaan guide vane 50%. Hasil efisiensi paling tinggi yang mampu didapatkan yaitu 15,16% pada pengujian pertama dengan bukaan guide vane 25%. Penelitian ini memiliki hasil yang tidak sesuai dengan hasil perhitungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Turbin crossflow, daya, torsi, efisiensi, sudu
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:19
Last Modified: 22 Nov 2022 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53282

Actions (login required)

View Item View Item