ANALISIS EFISIENSI PRODUKSI DAN NILAI MATA RANTAI PEMASARAN SAYUR BUNCIS DI KABUPATEN WONOSOBO (STUDI KASUS KECAMATAN KALIKAJAR)


APRILIA DEWI NOVITA, 7111417051 (2021) ANALISIS EFISIENSI PRODUKSI DAN NILAI MATA RANTAI PEMASARAN SAYUR BUNCIS DI KABUPATEN WONOSOBO (STUDI KASUS KECAMATAN KALIKAJAR). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS EFISIENSI PRODUKSI DAN NILAI MATA RANTAI PEMASARAN SAYUR BUNCIS DI KABUPATEN WONOSOBO (STUDI KASUS KECAMATAN KALIKAJAR)] PDF (ANALISIS EFISIENSI PRODUKSI DAN NILAI MATA RANTAI PEMASARAN SAYUR BUNCIS DI KABUPATEN WONOSOBO (STUDI KASUS KECAMATAN KALIKAJAR)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kalikajar merupakan sebuah kecamatan salah satu penghasil tanaman hortikultura terbesar di Kabupaten Wonosobo salah satunya di sayur buncis. Dimana pemasok utama sayur buncis di Kabupaten Wonosobo adalah Kecamatan Kalikajar. Terbukti dari tahun 2015 dan 2017 mengalami penurunan produksi yaitu 6498 kwintal dan 2528 kwintal. Fakta dilapangan menunjukan menurunnya jumlah produksi sayur buncis disebabkan karena banyaknya jumlah tenaga kerja yang dipakani dalam proses produksi dan lahan yang digunakan untuk proses produksi sedikit. Sistem produksi dan saluran pemasaran yang diharapkan dapat berjalan dengan efektif dan efisien dapat memberi kebermanfaatan bagi petani maupun konsumen secara efektif dari efektifnya sistem tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Menganalisis efisiensi produksi usahatani sayur buncis di Kabupaten Wonosobo 2.) Menganalisis nilai mata rantai pemasaran sayur buncis di Kabupaten Wonosobo khususnya di Kecamatan Kalikajar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purpossive Sampling dimana sampel yang diambil berdasarkan pertimbangan tertentu. Dimana diambil daerah penghasil sayur buncis terbanyak di Kabupaten Wonosobo. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsi produksi Cobb-Douglass dengan pendekatan Frontier x Stokastik dan analisis marjin pemasaran. Untuk menghitung nilai efisiensi produksi dengan menggunakan Software Frontier 4.1. Hasil penelitian menunjukan semua faktor produksi berpengaruh positif terhadap produksi sayur buncis dengan nilai efisiensi 0,998. Hasil menunjukan belum efisien secara teknis. sedangkan pada nilai marjin pemasaran, saaluran yang paling efektif digunakan adalah saluran Nol yaitu dengan presentase keuntungan untuk petani adalah sebesar 100%, hal ini lebih besar daripada saluran 1 dan saluran 2 yang memiliki nilai masing-masing 50% dan 25%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Produksi, Faktor Produksi, Marjin Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:18
Last Modified: 21 Nov 2022 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53249

Actions (login required)

View Item View Item