PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) BERVISI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) BERBANTUAN MIRACAST
Novi Setyasto, - (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) BERVISI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) BERBANTUAN MIRACAST. Jurnal Pendidikan, 4 (1). pp. 18-24. ISSN 2527-6891
PDF
Download (300kB) |
Abstract
Jenis Penelitian ini adalah research and development(R&D) yang bertujuanmenghasilkan perangkat pembelajaran dengan model PBL bervisi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) berbantuan Miracastyang valid, efektif, dan praktis (applicable) serta sesuai standar proses.Subjek uji coba adalah 42 peserta didik kelas IV SDN Sadeng 02, dan 03. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi tiga orang ahli terhadap perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid.Perangkat pembelajaran efektifuntuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji N-gain didapat nilai gain<g>sebesar 0,48 dalam kategori sedangdan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari pretest 56 menjadi 77 pada saat posttest. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan rata-rata skor 33 berada pada ketegori sangat tinggi. Kepraktisan perangkat pembelajaran terlihat dari responssangat positif yang diberikanguru dan peserta didikterhadap perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui perangkat pembelajaran sudah memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, PBL, SETS, Miracast, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:31 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 02:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53232 |
Actions (login required)
View Item |