Peningkatan Ketrampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Pembelajaran Interaktif Berbantuan Macromedia Flash pada Siswa Sekolah Dasar


MINARTI , 1402908185 (2011) Peningkatan Ketrampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Pembelajaran Interaktif Berbantuan Macromedia Flash pada Siswa Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Ketrampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Pembelajaran Interaktif Berbantuan Macromedia Flash pada Siswa Sekolah Dasar]
Preview
PDF (Peningkatan Ketrampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Pembelajaran Interaktif Berbantuan Macromedia Flash pada Siswa Sekolah Dasar) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Jawa di SD untuk melestarikan kebudayaan Indonesia membantu peserta didik untuk meningkatkan ketrampilan membaca nyaring kalimat sederhana berhuruf Jawa melalui macromedia flash yang dipadukan dengan pembelajaran interaktif. Namun, siswa kurang maksimal dalam upaya peningkatan ketrampilan membaca dalam pembelajaran, siswa cenderung bosan dan jenuh karena media pembelajaran yang kurang menarik dan suasana belajar yang kurang menyenangkan, yang berakibat nilai hasil ulangan semester I tahun pelajaran 2009/2010 belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari nilai siswa kelas III SD N 1 Bendoharjo pada pelajaran Bahasa Jawa terendah 3,24 dan nilai tertinggi 7,48 sehingga rata-rata hanya 5,43 dari 24 siswa, masih dibawah KKM(Kriteria Ketuntasan Minimum) dan tingkat daya serap siswa yang masih rendah, hanya berkisar 60,15 %. Serta tingkat keaktifan siswa dalam bertanya masih kurang, hanya berkisar 25% siswa yang aktif bertanya dalam pelajaran. Hal semacam ini menjadikan pembelajaran kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas siswa, meningkatkan kemampuan belajar membaca nyaring kalimat sederhana berhuruf Jawa, prestasi belajar siswa dan meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran siswa kelas III SD melalui macromedia flash dipadukan pembelajaran interaktif. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara guru kelas III sebagai peneliti dan guru kelas VI sebagai pengamat dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus penelitian dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pembelajarn melalui macromedia flash ini menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran serta meningkatkan interaktif siswa dan guru dalam pembelajaran. Pengambilan subyek penelitian sebanyak 32 siswa, yang selanjutnya terbagi ke dalam enam kelompok secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran melalui macromedia flash mengalami peningkatan kualitas dalam pembelajaran dalam pencapaian kriteria ketuntasan belajar siswa yang nilainya diatas 70 pada siklus I 40,9% dengan rata-rata kelas 70,61 dan siklus II 90,6% dengan rata-rata kelas 78,77 (2) pembelajaran melalui macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. (3) pembelajaran melalui macromedia flash dipadukan pembelajaran interaktif dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran. (4) keaktifan siswa dalam pembelajaran interaktif mengalami peningkatan secara bertahap per siklus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Membaca, interaktif, macromedia flash.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Oct 2011 00:25
Last Modified: 25 Apr 2015 05:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5323

Actions (login required)

View Item View Item